Feb26

TUNGGAK JARAK MRAJAK TUNGGAK JATI MATI | FILOSOFI JAWA

Diposting oleh Putra Symbian • Di: Kisah & Sejarah , Syair & Pepatah

Assalamu'alaikum Wr Wb.

TUNGGAK JARAK MRAJAK TUNGGAK JATI MATI


Pepatah Jawa ini secara harfiah berarti tunggak (pohon) jarak menjadi banyak tunggak jati mati. Mrajak dalam khasanah bahasa Jawa dapat diartikan sebagai berkembang biak. Dalam realitasnya pohon jarak memang akan bertunas kembali meskipun batangnya dipatahkan.

Sedangkan tanaman jati bila dipotong batangnya biasanya akan mati. Jikalau tumbuh tunas baru, biasanya tunas baru ini tidak akan tumbuh sesempurna batang induknya.

Pepatah ini ingin menggambarkan tentang keadaan orang dari kalangan kebanyakan yang bisa berkembang (mrajak) dan sebaliknya, orang dari kalangan/trah bangsawan/ berkedudukan tinggi yang tidak punya generasi penerus (mati).

Keadaan semacam ini kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat. Ada begitu banyak orang yang memiliki kedudukan tinggi, namun ia berasal dari kalangan rakyat biasa.

Artinya, orang tuanya adalah orang biasa- biasa saja. Tidak kaya, tiak berpangkat, dan tidak memiliki garis keturunan bangsawan (jati).

Sebaliknya pula banyak anak-anak atau keturunan orang-orang besar/ berkedudukan/berdarah bangsawan yang keturunannya tidak mengikuti atau tidak bisa meniru atau melebihi kedudukan leluhurnya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

38 tanggapan untuk "TUNGGAK JARAK MRAJAK TUNGGAK JATI MATI | FILOSOFI JAWA"

05:31 PM, 26-Feb-13
Putra Symbian

TUNGGAK JARAK MRAJAK TUNGGAK JATI MATI | FILOSOFI JAWA

http://putrasymbian.mywapblog.com/tunggak-jarak-mrajak-tunggak-jati-mati-f.xhtml

05:38 PM, 26-Feb-13
SimonS Blog

Waalaikum salam. Tanks sob wawasannya.

05:40 PM, 26-Feb-13
Soedoex

kunjungan pagi broh...

Jd inget waktu sekolah nie... Hehehe

http://soedoex.pun.bz/membuat-gambar-transparan-2-mode.xhtml

07:04 PM, 26-Feb-13
Thobby

kunjungan pagi sob nyimak aja

07:40 PM, 26-Feb-13
RIDWAN TURI MWB

hadir sob biggrin

http://ridwanturi.mywapblog.com/isl-klasemen-top-score-sementara.xhtml

08:09 PM, 26-Feb-13
faisal reza s60V3 Droider

nice post kwn biggrin,kunbal ane tunggu biggrin

08:11 PM, 26-Feb-13
faisal reza s60V3 Droider

nice post kwn biggrin,kunbal ane tunggu biggrin

08:11 PM, 26-Feb-13
faisal reza s60V3 Droider

nice post kwn biggrin,kunbal ane tunggu biggrin

11:39 PM, 26-Feb-13
Danu TM

Kunjungan siang sob , mampir yo sambil bawa follback

11:59 PM, 26-Feb-13
arizall

gitu ya sob....ane kurang tau juga tentang filosofi....

12:00 AM, 27-Feb-13
бøliдтнзяz

wiih.. memang pohon jati begitu shob.. bengkong sana bengkong sini.. ga sesempurna batang induknya...

ohya, agan orang jawa apa bukan??
kog tau semua filosofi jawa???


Ditunggu kehadirannya!!

12:32 AM, 27-Feb-13
Putra Symbian

бøliдтнзяz@ ane orang jawa tulen.wkwkwk
jatim brow

12:33 AM, 27-Feb-13
Putra Symbian

Danu TM@ane liat dulu ada ape kagak

12:38 AM, 27-Feb-13
Putra Symbian

faisal reza s60V3 Droider@langsung ke TKP

12:40 AM, 27-Feb-13
Putra Symbian

arizall@ ya begitu lah sob
kurang lebihnya

01:03 AM, 27-Feb-13
cyberandal

nice post wae lah boz

http://cyberandal.heck.in/alfiyyah-ibnu-malik-the-classic-rhythm.xhtml

02:30 AM, 27-Feb-13
Ройббз тнз тнцмвзя

kunjungan siang menjelang sore om,,ane jga bloger BWI sekalian lapor..kalo follow ane udah succes.tinggal tunggu follow back dari si om mrgreen

02:59 AM, 27-Feb-13
Bang Allens

Wahhh... Met sore Master..!! Hadir untuk meramaikan blog master. Mampir yuk di gubuk ane. Gubuk ane sepi banget kayak kuburan cry monggo ane tunggu bwt nguppi bareng2 master

http://allenz.heck.in

03:02 AM, 27-Feb-13
ндfiδ рняздкзя мчщдрвløб

good post .

03:09 AM, 27-Feb-13
maman firman

nyimak sob

03:14 AM, 27-Feb-13
Ade Wahyu Adam Mobile Blogs

hadir memeriahkan blogmu boss.... biggrin

nice post,

jika ada waktu kunbal ke gubuk ane bos mrgreen razz

http://film-3gp.heck.in

03:18 AM, 27-Feb-13
keroro

wah bner jg th gan filosofi'y

04:01 AM, 27-Feb-13
MyPhones Cyber Art

aku wong jowo kang, tapi ra nggableg pepatah lol

05:03 AM, 27-Feb-13
Radika Iranda

Kunjungan sore kawan,
Mohon maaf baru hadir kembali, soalnya baru pulang dari kesibukan duta,
Harap dimaklumi ya sob, smile
Mantap nih sob postnya,
Filosofi yg bagus nih,
Thanks sharenya sobat, smile
Ditunggu kunbalnya,

06:11 AM, 27-Feb-13
saniVers

Mf telat cos sibuk gan ,oh iya folow suces

08:52 AM, 27-Feb-13
Ridwan

Nice post gan, kunbal. Ditunggu.. :-*

12:47 PM, 27-Feb-13
Ndu newbies

info'y bermanfaat kang...
Lanjuuutt...biggrin

03:57 PM, 27-Feb-13
ateng mania

keren. .wong jowo to?kwkxjx
@admin bayu listiyanto's blog

05:06 PM, 27-Feb-13
OGETTO

kunjungan pagi,,,
mantap post xsmile
Syrup syruuup,,enak x kopi pagi biggrin

09:42 PM, 27-Feb-13
Ymeikell

"[hadir bozz...ijin lihat2 bozz..maju terus]"

10:05 PM, 27-Feb-13
bezzet mwb

lam knal n nyimak ja bray,ditunggu kunkun ma follbacknya

01:47 AM, 01-Mar-13
Yzf17 Bahtiyar

mantap sob
ditungu kunbalnya

09:17 AM, 01-Mar-13
uyen

terus.... Inti dari artikel tersebut itu apa

09:23 AM, 01-Mar-13
uyen

terus....inti dari artikel tersbut apa mas...?
Maaf tolong kasih tau ya mas...?

01:20 AM, 02-Mar-13
abdul wahid

mwb baru.. Lagi jalan2... Rumahnya keren sob...

09:28 PM, 04-Mar-13
handoko wibowo

nice post..kumbal gan..

06:41 PM, 21-May-13
oWyAVehtS

Ufff, qanaqa odaasizlmr-a uzi? Ulay agar charchadim sizdaka mingir-singir erkaklarni diy diyosidan. Qachon bundoq haqiqiy erkak odamga uhshab bir birlaring bilan olishmasdan bular bumasga, giybatlashmasdan, ustilaringga ahlat tukmasdan normalniy odamga uhshab yashashni urganasizlar. Muholifatchiman, jurnalistman, baloman-battarman deb topgan narsalaring igvo, fisqu fasodni tarqatish. Namuncha bu ulgur kompyuterni sevasizlar-a? Bir marta bundoq oilani, vatanni sevib astoydil jon kuydirilar. Bir birlaring bilan qirilishurmasdan realni halqqa yordam tegadigan odam bulib yashanglar. E ullaring erkak bulmay. Yaqinda hotinlar chiqib jang qiladi vatanni ozodligi yulida, sandakalar utirvurasanlar kompyuterni tiqillatib palonchini hotini jangda uldi, asir tushdi, hoin buldi deb. Tagin hammayoqqa jar solishni bilishadi voy bu uzbek ayolida iffat qolmadi, fohisha bub ketdi deb. A sanladaka erkaklar hech narsa qilolmaganidan, hattoki oilani boqolmay, hotinni kuchaga chiqarib quygandan keyin nima qilsin ayollar bechora? Ming la'nat sandaka muholipatchi, bir tiyinga qimmat jurnalistlarga.Uzr zamondoshchilar, hammani nazarda tutyotganim yuq. Tagin kunglingizga olib hafa bulib yurmang. Gap egasini topadi. Kuyganimdan gapirvomman bu gaplarni.

04:58 PM, 02-Jul-13
tramadol withdrawal treatment

Nice blog )
http://tafutjybs.com my blog

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar